Saya sedang online, silahkan masuk

11.25.2008

Hotel Preanger

Hotel Preanger terletak di Jalan Asia Afrika No. 81, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. Pada koordinat 107º36'41,9" dan BT 06º55'18,2" LS dan. Hotel relatif strategis lokasinya karena berada kanan depan Hotel Homann, dengan batas utara: Jalan Naripan, batas Timur: Jalan Tamblong, batas Selatan: Jalan Asia Afrika, batas barat: Dinas Pekerjaan Umum. Kini kawasan telah menjadi kawasan perkantoran dan pusat perdagangan, dan untuk mencapainya dapat menggunakan kendaraan pribadi roda 4 atau 2 maupun dapat menggunakan kendaraan umum yang selalu bolak-balik melewati kawasan dari Terminal Bis Cicaheum, Stasiun Hall (Stasiun Kereta Api) atau dari Terminal Bis Leuwipanjang.

Hotel didirikan pada tahun 1897 oleh W. H.C Van Deertekom dengan gaya arsitektur Baroq. Pada tahun 1930-an hotel Preanger mengalami perluasan dan perombakan oleh arsitek ternama Prof. Ir. C. P. Wolff Schoemaker dengan gaya arsitektur modern fungsional stream line dengan ArtDeco Geometrik. Pada bagian muka hotel tampak hiasan yang mirip gaya Indian di Amerika Selatan. Pada tahun 1980-an bangunan ini kembali mengalami perluasan, terutama pada bagian timur sisi timur. Gaya arsitektur yang ditampilkan saat ini banyak mendapat pujian sebagai karya baru yang serasi dengan bangunan lama. Rancangannya yang baru sangat memperhatikan gaya dan desain bangunan lama yang menjadi acuan utama.
Hotel Preanger menghadap ke arah Selatan ke Jalan Asia Afrika, dengan luas bangunan ± 1638 m², dan berdiri diatas tanah seluas ± 2572 m². Sekitar lima meter sebelah barat hotel (dimuka gedung PU) terdapat patok sebagai tanda 0 (nol) Km Kota Bandung, yang dibuat oleh oleh Gubernur Jendral Daendels pada tahun 1894, pada waktu pembuatan Jalan Pos.
Hotel Savoy Homann dapat dijadikan sebagai objek wisata budaya karena berada berdekatan dangan bangunan-bangunan kuno di sekitar kawasan alun-alun. Hotel ini relatif banyak diketahui keberadaannya oleh masyarakat.


Tidak ada komentar: