Saya sedang online, silahkan masuk

11.25.2008

Bank Indonesia

Bank Indonesia terletak di Jalan Braga No. 108, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, di samping Kantor Balai Kota Bandung. Secara geografis berada pada koordinat 107º61'046" BT dan 06º91'417" LS. Lingkungan Bank Indonesia berada Kini telah menjadi kawasan perkantoran dan pusat perdagangan, dan untuk mencapainya dapat menggunakan kendaraan pribadi (roda 4 atau 2) maupun menggunakan kendaraan umum (Bis, Angkot) yang relatif banyak melewati kawasan ini.

Gedung Bank Indonesia ini dahulu bernama Javanche Bank, dibangun tahun 1915-1918 oleh arsitek Hulswit, Fermont dan Ed. Cuypers dengan gaya arsitektur Neo Klasik (Electicism,) yang memiliki keindahan dengan menara yang tinggi, sehingga mudah dilihat dari jarak jauh. Bangunan ini lebih indah dan apik daripada bangunan sejenis di Eropa. Gedung mempunyai peran besar dalam pembentukkan ruang kota yang baik.
Bank Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu objek wisata heritage, karena bentuk bangunan indah, megah dan simetris, serta lokasinya satu kawasan dengan bangunan-bangunan kuno lainnya (Gedung Indonesia Mengunggat/Landraad, Gereja Santo Petrus Katedral, Gereja Bethel, Gedung Balaikota Bandung, Sekolah Dasar Merdeka, Mapolwiltabes Bandung dan sebagainya).


Tidak ada komentar: