Saya sedang online, silahkan masuk

7.05.2008

Ujian Akhir Semester II SIM


EXECUTIVE SUMMARY
SOAL NO. 01



EKA GINTING

PAWANG dotcom di Indonesia

Siapakah Eka Ginting?
Eka Ginting adalah seorang pengusaha Dotcom yang berhasil di Indonesia tepatnya di Provinsi Bali seorang pemuda lulusan Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, 1994.

Hanya dengan bermodalkan kartu kridit, Eka Ginting telah berhasil mengumpulkan dana sekitar 50 sampai 100 ribu dolar.

Pada tahun 1995 dia berusaha mendirikan perusahannya dan mulai memperkenalkan usahannya pertama perkenalan hanya dua hotel yang memajang di situ.

Hanya bermodalkan server kecil Ginting terus berusaha juga membeli software inti dan membayar koneksi internet. Sisanya dikerjakan sendiri oleh Eka dan kawan-kawan.

Pada saat itu Eka Ginting belum menyelesaikan kuliahnya maka perusahannya dipercayakan kepada ayahnya yang sudah pensiun.

Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1997, dengan membawa segudang ide, hanya sayang negara Indonesia sedang dilanda krisis moneter, yang mengakibatkan eka sedikit terpuruk akhirnya Eka mengambil keputusan untuk bergabung dengan perusahaan konsultan ternama – McKinsey.

Disamping Eka bergabung dengan perusahaan lain dia tetap memperdalam ilmunya dan dikembangkan dengan mengembangkan arsitektur untuk mewujudkan impiannya.

Pasar yang dibidik perusahaan dotcom pertama itu adalah turis manca negara, dalam pemesanan tiket dan pemesanan hotel.

Pada tahun 2000 Eka Ginting memutuskan untuk keluar dari perusahaan McKinsey dan berjuang mencari rekanan yang dapat memberikan modal. Dari perjuangannya terbukti dengan ikutnya dua perusahaan menananmkan modal yaitu JP Morgan dan McKinsey.

Pola kerjasamanya adalah menawarkan para pengelola hotel menjadi anggota web Indo.com dengan bergabungnya itu maka pihak hotel dapat menjual kamarnya dengan online dengan biaya langganan sebesar US$ 50 – 250 selain itu dapat komisi sebesar 10% dari tarif inaf hotel.

Pemasukan Indo.com yang lain berasal dari transaksi barang seni dan kerajinan, Indo.com meluncurkan sister site khusus, bernama rajakraft.com.

Perusahaan yang maju dan berkembang menurut Eka adalah mengembangkan teknologi. Sampai saat ini sudah ada tiga sofware yang berhasil dikembangkan awak Indo.com yaitu :

1. Turbo Hotel yang merupakan system reservasi untuk mempermudah perpindahan data antara hotel dan agen travel.
2. TurboPMS untuk mempermudah pengelola hotel menjalankan manajemen melalui system front office dan back office.
3. TurboCRM untuk mengelola database customer.

Kiat Indo.com meraih pasar adalah dengan meluncurkan sister site portal travel yang pertama adalah rajacrafft.com yang dirancang khusus mempertemukan produsen barang seni dengan calon pembeli.

Sister site ke dua adalah paket rupiah.com situs ini ditujukan untuk membidik pasar domestik.

Sister site ke tiga adalah balifofamiy.com siter site ini ditujukan untuk pelancong manca negara.

Sister site ke empat adalah nandemobari.com sister site ini ditujukan untuk pelancong dari sakura dan dengan hurup yangdigunakan pada sister ini adalah hurup kanji.

Sister site ke lima adalah orientmagix.com ditujukan untuk wisatawan Indonesia yang ingin melancong kenegara lain.


Nama : Nanang Koswra
NPM : 4122507210025


Universitas Winaya Mukti
Program Pascasarjana
Program Studi Magister Manajemen



EXECUTIVE SUMMARY
SOAL NO. 02



PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMASARAN
MASA SEKARANG DAN LIMA TAHUN MENDATANG



PEREKONOMIAN BERBASIS TEKNOLOGI

Di masa global sekarang dimana hampir semua perusahaan beroprasi ditengah perekonomian berbasis teknologi informasi yang melibatkan penggunaan teknologi komputer termasuk didalamnya teknologi komunikasi seperti internet.

TEKANAN BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Menurut seorang ahli ekonomi bahwa tekanan bisnis terdapat 3 tekanan yaitu :
1. Tekanan Pasar
2. Tekanan Sosial
3. Tekanan Teknologi

PEMASARAN DAN TEKANAN BISNIS

Tekanan pasar disebabkan oleh persaingan global yang tercipta karena perkembangan teknologi informasi terutama penggunaan teknologi internet. Salah satu tekanan penting yang timbul bagi dunia bisnis adalah biaya tenaga kerja yang begitu bervariasi antar negara. Secara umum biaya tenaga kerja di negara maju jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya kerja di negara-negara berkembang.
Celakanya sekarang ini fungsi pemasaran memiliki citra buruk bukan dari segi teori tetapi dari segi praktek. Pemasaran telah mengalami penyempitan arti dari yang seharusnya Pemasaran 4P – Product, Price, Place, Promotion – menjadi Pemasaran 1P yaitu Promotion. Penyempitan arti pemasaran sebagai fungsi promosilah (1P) yang menyebabkan 75 % dari produk baru, jasa dan bisnis mengalami kegagalan (Kolter).

10 KESALAHAN PEMASARAN YANG MEMATIKAN

Marketing inteligence seperti yang dikemukakan oleh Kolter, yaitu sebagai berikut :
1. The Company is not sufficicently market focused and customer driven.
2. The company does not fully understand its target customer
3. The company needs to better define and monitor its competitors
4. The company has not properlly managed its relationship with its stakeholders
5. The company is not good at finding new opportunities
6. The company’s marketing plans and planning process are deficient
7. The company’s product and service policies need tightening
8. The company’s brand-bulding and communications skills are weak
9. The company’ is not well organized to carry on effective and efficient marketing
10. The company has not made maximum use of technology

Satu dari sepuluh kesalahan mematikan di atas adalah perusahaan tidak menggunakan teknologi secara maksimal. Jadi salah satu kesalahan yang harus segera dibenahi adalah memaksimumkan penggunaan teknologi. Salah satu teknologi yang harus dimaksimumkan adalah teknologi informasi kemudian dafat memberi pengaruh pada penyelesaian kesalahan-kesalahan lain agar pemasaran berhasil.

PEMASARAN CERDAS

Pemasaran cerdas adalah proses mendapatkan dan menganalisa informasi untuk :
1. memahami pasar (memelihara yang sudah ada dan menemukan pelanggan yang potensial)
2. mengetahui keinginan sekarang dan di masa depan beserta preferensinya
3. mengetahui sifat dan prilaku pasar
4. mengukur perubahan pada lingkungan bisnis yang mungkin mempengaruhi besar dan sifat dari pasar di masa datang

TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMASARAN CERDAS

Agar berhasil dalam pemasaran maka teknologi informasi menyediakan berbagai macam alat-alat teknologi informasi yang dapat diterapkan pada setiap langkah-langkah pemasaran cerdas. Agar lebih jelas melihat teknologi informasi apa yang mungkin diterapkan. Maka pembahasan mengenai teknologi informasi dan pemasaran cerdas akan menunjuk kepada setiap fungsi pemasaran cerdas menurut Cornish dan menggabungkan dengan melihat 10 kesalahan pemasaran yang mematikan yang tidak seharusnya dilakukan.

Perangkat analisis pasar

a. Data Mining
b. Bisnis online dan survey berbasis web

Strategi Harga

Harga memegang peranan penting dalam keberhasilan strategi pemasaran. Dalam perekonomian digital ada satu bentuk strategi harga yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Iklan dan Promosi

a. Email Marketing
b. Buzz Marketing
c. Search engine marketing



Nama : Nanang Koswra
NPM : 4122507210025


Universitas Winaya Mukti
Program Pascasarjana
Program Studi Magister Manajemen

Tidak ada komentar: