PEREKONOMIAN BERBASIS TEKNOLOGI
Di masa global sekarang dimana hampir semua perusahaan beroprasi ditengah perekonomian berbasis teknologi informasi yang melibatkan penggunaan teknologi komputer termasuk didalamnya teknologi komunikasi seperti internet.
PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMASARAN
MASA SEKARANG DAN LIMA TAHUN MENDATANG
PEREKONOMIAN BERBASIS TEKNOLOGI
Di masa global sekarang dimana hampir semua perusahaan beroprasi ditengah perekonomian berbasis teknologi informasi yang melibatkan penggunaan teknologi komputer termasuk didalamnya teknologi komunikasi seperti internet.
TEKANAN BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Menurut seorang ahli ekonomi bahwa tekanan bisnis terdapat 3 tekanan yaitu :
1. Tekanan Pasar
2. Tekanan Sosial
3. Tekanan Teknologi
PEMASARAN DAN TEKANAN BISNIS
Tekanan pasar disebabkan oleh persaingan global yang tercipta karena perkembangan teknologi informasi terutama penggunaan teknologi internet. Salah satu tekanan penting yang timbul bagi dunia bisnis adalah biaya tenaga kerja yang begitu bervariasi antar negara. Secara umum biaya tenaga kerja di negara maju jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya kerja di negara-negara berkembang.
Celakanya sekarang ini fungsi pemasaran memiliki citra buruk bukan dari segi teori tetapi dari segi praktek. Pemasaran telah mengalami penyempitan arti dari yang seharusnya Pemasaran 4P – Product, Price, Place, Promotion – menjadi Pemasaran 1P yaitu Promotion. Penyempitan arti pemasaran sebagai fungsi promosilah (1P) yang menyebabkan 75 % dari produk baru, jasa dan bisnis mengalami kegagalan (Kolter).
10 KESALAHAN PEMASARAN YANG MEMATIKAN
Marketing inteligence seperti yang dikemukakan oleh Kolter, yaitu sebagai berikut :
1. The Company is not sufficicently market focused and customer driven.
2. The company does not fully understand its target customer
3. The company needs to better define and monitor its competitors
4. The company has not properlly managed its relationship with its stakeholders
5. The company is not good at finding new opportunities
6. The company’s marketing plans and planning process are deficient
7. The company’s product and service policies need tightening
8. The company’s brand-bulding and communications skills are weak
9. The company’ is not well organized to carry on effective and efficient marketing
10. The company has not made maximum use of technology
Satu dari sepuluh kesalahan mematikan di atas adalah perusahaan tidak menggunakan teknologi secara maksimal. Jadi salah satu kesalahan yang harus segera dibenahi adalah memaksimumkan penggunaan teknologi. Salah satu teknologi yang harus dimaksimumkan adalah teknologi informasi kemudian dafat memberi pengaruh pada penyelesaian kesalahan-kesalahan lain agar pemasaran berhasil.
PEMASARAN CERDAS
Pemasaran cerdas adalah proses mendapatkan dan menganalisa informasi untuk :
1. memahami pasar (memelihara yang sudah ada dan menemukan pelanggan yang potensial)
2. mengetahui keinginan sekarang dan di masa depan beserta preferensinya
3. mengetahui sifat dan prilaku pasar
4. mengukur perubahan pada lingkungan bisnis yang mungkin mempengaruhi besar dan sifat dari pasar di masa datang
TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMASARAN CERDAS
Agar berhasil dalam pemasaran maka teknologi informasi menyediakan berbagai macam alat-alat teknologi informasi yang dapat diterapkan pada setiap langkah-langkah pemasaran cerdas. Agar lebih jelas melihat teknologi informasi apa yang mungkin diterapkan. Maka pembahasan mengenai teknologi informasi dan pemasaran cerdas akan menunjuk kepada setiap fungsi pemasaran cerdas menurut Cornish dan menggabungkan dengan melihat 10 kesalahan pemasaran yang mematikan yang tidak seharusnya dilakukan.
Perangkat analisis pasar
a. Data Mining
b. Bisnis online dan survey berbasis web
Strategi Harga
Harga memegang peranan penting dalam keberhasilan strategi pemasaran. Dalam perekonomian digital ada satu bentuk strategi harga yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Iklan dan Promosi
a. Email Marketing
b. Buzz Marketing
c. Search engine marketing
Nama : Nanang Koswra
NPM : 4122507210025
Universitas Winaya Mukti
Program Pascasarjana
Program Studi Magister Manajemen
7.28.2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar